PONDOK PESANTREN DAARUL RAHMAN III

SMP – SMA ISLAM TERPADU DAARUL RAHMAN DEPOK

Projek Penguatan Profil Pancasila (P5)

Proyek Penguatan Profil Pancasila – Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila di kalangan peserta didik dan masyarakat. Program ini dilaksanakan dengan memadukan antara implementasi Kurikulum Merdeka dan penguatan profil Pancasila. 

Dalam Proyek Penguatan Profil Pancasila Kurikulum Merdeka, penguatan profil Pancasila diintegrasikan dalam penyusunan kurikulum oleh setiap sekolah. Sekolah diberikan kebebasan untuk menentukan bagaimana nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan karakter siswa. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar peserta didik dapat menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pelaksanaannya, proyek ini melibatkan semua pihak, baik pemerintah, lembaga pendidikan, maupun masyarakat. Diharapkan program ini dapat menjadi wadah untuk membangun kesadaran dan penghayatan nilai-nilai Pancasila serta memperkuat karakter bangsa.

diawali dengan pembukaan yang berisi tentang petunjuk serta arahan dari kepala sekolah yang memberikan penjelasan dan arahan mengenai program ini dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa.

Tujuan diadakannya projek penguatan profil Pancasila ini adalah dalah meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila di 

kalangan masyarakat, khususnya peserta didik. Dengan memperkuat profil Pancasila, diharapkan dapat membangun karakter bangsa yang kuat dan memperkuat ketahanan nasional. Selain itu, projek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

projek penguatan pancasila juga memiliki beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan skill dan kreatifitas peserta didik diantaranya adalah:

  • Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler: Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila, seperti kegiatan keagamaan, seni budaya, olahraga, dan lain-lain.
  • Pelaksanaan kegiatan sosialisasi: Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui berbagai kegiatan tersebut, diharapkan nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta memperkuat karakter bangsa Indonesia.

dan yang terakhir kegiatan projek penguatan pancasila (P5) juga memliki acara yang bisa disebut juga acara puncak dari kegiatan tersebut yang bertujuan untuk memperlihatkan hasil santri selama mengikuti kegiatan tersebut. diantaranya ada stand yang terdiri dari beberapa makanan berbagai daerah, lalu ada penampilan silat dan masih banyak lainnya yang bisa teman-teman sekalian lihat divideo dibawah ini :

Berita

23 Santri Daarul Rahman 3 Raih Prestasi Gemilang, Lulus SNBP 2024

Parung, 29 Maret 2024 - Alhamdulillah kami panjatkan puja dan puji Syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan untuk Santri dari Pondok Pesantren Daarul Rahman 3, Parung, Jawa Barat. Sebanyak 23 santri berhasil meraih prestasi gemilang dengan lolos...

Pelantikan Pengurus IP3/4 DR dan Bagian Pengembangan Bahasa Masa Bhakti 2023-2024

Pelantikan Pengurus IP3/4DR dan Bagian Pengembangan Bahasa - Pengurus IP3/4DR dan Bagian Pengembangan Bahasa resmi mengemban jabatan sebagai Pengurus periode 2023-2024. Mereka dilantik oleh pimpinan Pondok Pesantren Daarul Rahman yang digelar di Lapangan Utama, Pondok...

PEMILIHAN UMUM KETUA IP3/IP4DR DAN KETUA BAGIAN PENGEMBANGAN BAHASA MASA BAKTI 2023-2024

PEMILU 2023 - Alhamdulillah puji serta syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas selesainya agenda awal tahun yaitu Pemilihan Umum Ketua Pelajar dan Ketua Pengembangan Bahasa Tahun Ajaran 2023-2024. Setelah melewati penyaringan kandidat pengurus IP3/IP4DR dan...

Santri Daarul Rahman Meraih 3 Piala

Ulumul Qur'an Cup 2023 - Alhamdulillah puji serta syukur kami panjatkan kepada Alloh SWT, atas pencapain santri kami yang rata-rata merupakan santri kelas akhir yang pada ajang lomba ulumul qur'an cup 2023 ini dapat memberikan hasil yang sangat-sangat memuaskan dimana...

Pengumuman Kelulusan Calon Santri Baru 2023 / 2024

PUTRA NO NO UJIAN NAMA PESERTA TEST NAMA ORANG TUA RUANG KETERANGAN 1 0009 FAHRI AL ADHA NONI HERWANI 01 LULUS 2 0010 CEYSAR PRATAMA DEDEN SURAHMANA 01 LULUS 3 0011 MUHAMMAD NABIL ARIFIN ANISATUZZAKIYAH 01 LULUS 4 0014 MUHAMMAD FADLAN JAELANI 01 LULUS 5 0015 MUHAMMAD...

Video Pengenalan

Visi & Misi